Skip to main content

Kegunaan sistem bahan bakar bensin :

• Mengalirkan bensin dari tangki ke
motor
Agar motor dapat hidup dan
mengasilkan tenaga • Membentuk campuran bahan bakar/
udara serta mengatur jumlah campuran
yang diisap motor
Agar campuran bensin + udara sesuai
kebutuhan ( misalkan : untuk idle, beban
rendah, beban penuh, dsb ). Sistem pengaliran bahan bakar Fungsi bagian-bagian utama :
... 1. Pompa untuk mengalirkan bensin dari
tangki ke karburator.
2. Saringan bensin untuk menyaring
kotoran agar yaang masuk ke
karburator bersih . 3. Katup pembatas tekanan untuk
mencegah timbulnya tekanan yang
berlebihan akibat kerja pompa dan
tercukupinya jumlah bensin di
karburator. Persyaratan sistem pembentukan
campuran : • Perbandingan campuran bensin/udara
harus sesuai dengan keperluan motor
• Campuran bensin/udara harus
sehomogen mungkin
• Jumlah campuran yang diisap motor
harus dapat diatur Macam-macam prinsip pembentukan
campuran : Cairan diisap dan dikabutkan oleh
Aliran udara dengan cepat Prinsip ini digunakan pada karburator Cairan disemprotkan dengan kelebihan
tekanan Prinsip ini digunakan pada sistem Injeksi Karburator Bagian-bagian : 1. Saluran masuk bensin
2. Ruang pelampung
3. Pelampung
4. Ventilasi ruang pelampung
5. Pipa pengabur ( nosel )
6. Venturi 7. Katup gas Prinsip Kerja : Saat piston langkah isap terjadi aliran
udara yang cepat pada venturi. Bensin
akan terhisap oleh turunnya tekanan
( vakum ) dan bercampur dengan udara
masuk kedalam silinder mesin Sifat-sifat Karburator : • Relatif sederhana
• Harga relatif murah
• Campuran yang dihasilkan tidak
sebaik sistem injeksi
• Jarang ada gangguan yang berat Injeksi mekanis ( contoh Bosch – K –
Jetronik ) Prinsip Kerja • Udara mengalir ke Intake maniffold
( saluran masuk ) akibat hisapan piston
• Bensin dikabutkan secara terus
menerus ke intake maniflod dengan
jumlah yang diatur oleh penimbang
udara dan regulator • Bersama-sama udara bensin masuk
ke silinder mesin Sifat-sifat injeksi K • Harga cukup mahal
• Campuran lebih baik dibandingkan
karburator
• Perawatan lebih mudah dibandingkan
dengan injeksi elektronis Injeksi elektronis ( EFI ) Prinsip Kerja
• Udara dihisap masuk ke mesin
• Bensin di injeksikan ke masing-masing
intake maniflod secara bergantian.
• Jumlah bensin yang disemprotkan
disesuaikan dengan : 1.Jumlah udara yang masuk ; 2. Posisi
katup gas ( beban mesin ) ; 3.
Temperatur mesin ; 4. Rpm mesin. Sifat-sifat injeksi ( EFI )
• Harga lebih mahal
• Campuran lebih sesuai untuk semua
kondisi mesin ( lebih sempurna )
• Sensitif terhadap kotoran.

sumber: outomatic

Comments

Popular posts from this blog

Cermin Ajaib, Cermin Diri Anda

Sudah agak lama, saya tidak kemas kini blog. Sekarang saya update! Hehe. Maafkan saya, semester baru sudah bermula. Diam tak diam, sudah tahun 3 rupanya saya dalam program separuh masa ini. Perjalanan masih agak jauh, tapi saya seronok melalui hari demi hari saya. Sentiasa belajar benda baru. Baiklah, entri kali ini adalah untuk saya sendiri dan juga untuk anda, juga untuk semua orang yang benar-benar ingin berjaya, merubah kehidupan mereka, menjadi lebih baik dari sedia ada. Mudah sahaja. Hari ini kita ambil sebagai satu hari untuk melihat kembali di mana kita selama ini. Sebagai kayu pengukur perjalanan anda. Keadaan anda pada ketika ini bagaimana. Mudah sahaja. Sekarang, bangun, dan carilah sebuah cermin, kalau boleh nampak hingga ke kaki, lagi bagus! Berdiri di hadapan cermin itu. Sekarang lihat ke dalam cermin. Lakukan ini, baru kembali sambung baca entri ini. Hehe ( saya rasa, pasti ramai yang akan tangguhkan dahulu bukan, mungkin mahu buat kemudian, tapi apa kata hari ini kita u

Kisah Uang 1000 dan 100.000

Uang kertas Rp.1000 dan Rp.100.000 sama-sama terbuat dari kertas, sama-sama di cetak serta diedarkan oleh Bank Indonesia. Secara kasat mata mereka memang tidak memiliki perbedaan yang mencolok. Secara bersamaan mereka dibuat, keluar dan beredar di tengah-tengah masyarakat melalui Bank Indonesia. Beberapa bulan kemudian, secara tidak sengaja mereka bertemu di salah satu dompet seorang anak muda. Kemudian, terjadilah percakapan diantara mereka, Rp.100.000 bertanya kepada Rp.1000. “Kenapa badan kamu begitu lusuh, kotor dan bau?!”. Lalu di jawab oleh uang Rp.1000, “Karena, setelah aku keluar dari Bank, aku langsung berada di tangan orang-orang bawahan. Dari tukang becak, tukang ojek, tukang parkir, penjual sayur, penjual ikan, bahkan sampai di tangan pengemis”. Lalu uang Rp.1000 bertanya kembali kepada Rp.100.000. “Kenapa kamu masih tampak kelihatan seperti masih baru, rapi dan bersih??”. Di jawab oleh uang Rp.100.000. “Karena begitu aku keluar dari bank, aku langsung di sambu

Subhanallah Inilah 10 Fakta tentang Ibu Melahirkan! Mari Muliakan Ibu Kita

Inilah 10 Fakta Tentang Persalinan dan Perjuangan Seorang Ibu Melahirkan anaknya. Semoga Bermanfaat. 1. Hanya 5% bayi yang lahir pada tanggal EDD (Estimated Due Date) mereka. Kebanyakannya lahir antara minggu ke-37 dan 42 kehamilan. 2. Ketika bersalin, rahim ibu akan mengembang 500 kali daripada ukuran normal untuk menampung kandungannya. 3. Darah yang hilang ketika melalui proses kelahiran normal adalah 500ml. 4. 80% wanita mengalami sindrom Baby Blues semasa 2 minggu pertama selepas persalinan disebabkan oleh perubahan hormon badan. 5. Hanya 1 dari 10 wanita mengalami pecah air ketuban sebelum proses bersalin dimulai. Kebanyakan wanita hanya akan mengalaminya apabila mereka telah benar-benar siap untuk melahirkan bayi. 6. Badan manusia hanya mampu menanggung kesakitan sampai 45 Del. Tetapi ketika bersalin ibu akan mengalami rasa sakit hingga 57 Del yang rasanya, menurut para ahli, sama dengan 20 tulang yang dipatahkan secara serentak. 7. Apabila seorang i