Apakah anda pernah memperhatikan kebiasaan teman-teman sekerja. Apakah yang mereka lakukan di tempat kerja? Apakah benar-benar bekerja ataukah sekedar datang, absen, ngobrol terus pulang.
Kebiasaan buruk yang terjadi di tempat kerja:
- Datang terlambat
Biasanya ini juga ada pasangannya, yaitu pulang cepat. Karyawan seperti ini sudah menyiapkan beberapa alasan jika ditanya atasan, seperti:
“ Tadi waktu di jalan hujan deras ”
“ Ban bocor, nunggu ditambal lama banget “
“ Anak saya sakit, ngga mau ditinggal pergi, dll. “
“ Tadi waktu di jalan hujan deras ”
“ Ban bocor, nunggu ditambal lama banget “
“ Anak saya sakit, ngga mau ditinggal pergi, dll. “
- Menunda pekerjaan
“ Ah, masih lama, ini baru tgl berapa buat presentasi seperti itu sih gampang.” Tahu-tahu pas tanggalnya, ada pekerjaan lain menumpuk deh jadinya ..”
- Membicarakan orang lain
Sebagai makhluk sosial wajar jika kita selalu berkomunikasi. Dari mulai datang mengucapkan salam dengan teman. Sambil makan ngobrol mulai dari pekerjaan, keterusan sampai ngobrolin teman. Parahnya lagi kalau yang dibicarakan kejelekan orang lain, bisa jadi perang
- Cari muka
Ada bos baru sibuk kerja, ngutak-atik komputer cari bahan promosi produk, begitu bos pergi, ya santai lagi.
- Mengurusi pekerjaan orang lain
Sudah tahu di bagian produksi, malah pergi ke periklanan, alasannya ingin lebih banyak tahu, tapi pekerjaan sendiri terbengkalai.
- Sok pintar.
Ya kalau memang disuruh atasan tidak tahu, bilang aja terus terang. Jangan gengsi dikira bodoh, nanti juga dikasih tahu caranya seperti ini.
Disadari atau tidak kebiasaan buruk tersebut bisa merusak citra seseorang. “ Si Andi itu orangnya suka terlambat, udah gitu malas, kerjanya ngga benar.” Nah kalau sudah begitu bagaimana mau dipromosikan naik jabatan? Suapa yang rugi?
Perhatikan kebiasaan anda di tempat kerja, jadilah karyawan yang berkualitas baik.
Comments
Post a Comment