Skip to main content

pelatih tersukses dunia

• 26 Januari 1963: Telah Lahir Seorang Pelatih Terhebat Di Dunia •

Pada 26 Januari, tepatnya 50 tahun silam, seorang bayi lahir di Setubal, Portugal dan diberi nama José Mário dos Santos Mourinho Félix. Ya, dia adalah pelatih Real Madrid saat ini yang kerap dijuluki The Special One.

Karier Mourinho di ranah sepak bola tidak berjalan mulus saat dia terjun sebagai pemain. Bahkan Mourinho hanya ber...main hingga usia 25 tahun saja. Namun siapa sangka, dia bisa menjadi salah satu pelatih terbaik di dunia saat ini.

Mourinho memulai kariernya di jajaran manajemen sebuah klub saat dirinya bekerja sebagai penerjemah bahasa bagi Sir Bobby Robson yang kala itu menangani Sporting Lisbon (sekarang Sporting CP).

Mou --sapaan akrab Mourinho-- akhirnya dipercaya untuk menjadi asisten pelatih di beberapa klub, seperti FC Porto dan Barcelona. Mourinho akhirnya menjabat sebagai pelatih utama saat menangani Benfica dan Leiria.

Pada 2002, Mourinho diberi kepercayaan utuh untuk menangani Porto. Hanya dua tahun sejak berstatus pelatih kepala, Mourinho berhasil membawa Porto memenangkan Liga Champions 2004 saat mengalahkan AS Monaco dengan skor 3-0 di partai final.

Melihat kejeniusannya meracik strategi, Chelsea yang belum lama dibeli taipan kaya asal Rusia, Roman Abramovich langsung merekrut Mourinho pada musim 2004-205. Mourinho pun melabeli dirinya dengan julukan The Special One.

Kendati demikian, Mourinho membuktikan dirinya tidak hanya besar mulut. Pada musim pertamanya di Premier League, Mourinho berhasil membawa The Blues menjadi juara untuk pertama kalinya sejak 50 tahun terakhir. Hebatnya lagi, Mourinho sukses mempertahankan trofi Premier League pada musim keduanya.

Akan tetapi, Mourinho akhirnya memilih angkat koper dari Stamford Bridge setelah terlibat perselisihan dengan Abramovich pada 2007. Melihatnya tengah menganggur, Inter Milan akhirnya melantik Mourinho sebagai pelatih utama.

Berbagai gelar pun diraih oleh pelatih asal Portugal tersebut bersama I Nerazzurri. Mereka bahkan meraih treble winners pada musim 2009-10, masing-masing di ajang Serie-A, Coppa Italia dan Liga Champions.

Penghargaan individual terbaik yang pernah diraih Mourinho adalah saat memenangkan FIFA World Coach of The Year pada 2010. Prestasi tersebut tidak lepas dari peranannya membawa Inter merebut tiga gelar dalam semusim pada tahun itu.

Kini, Mourinho tengah memimpin armada Los Blancos. Pada musim pertamanya, Mourinho gagal mematahkan dominasi Barcelona di tangan pelatih Josep Guardiola dalam perebutan gelar juara Liga BBVA. Dia hanya mampu membantu Iker Casillas dkk memenangkan Copa del Rey.

Namun musim berikutnya, Mourinho mengalahkan Barcelona dalam perburuan gelar juara liga. Beda cerita dengan musim ini, dimana posisi Mourinho mulai diguncang dengan beberapa isu internal Madrid dan disusul oleh prestasi kurang memuaskan timnya di kancah Liga BBVA.

Feliz Cumpleanos Mou !

Comments

Popular posts from this blog

Cermin Ajaib, Cermin Diri Anda

Sudah agak lama, saya tidak kemas kini blog. Sekarang saya update! Hehe. Maafkan saya, semester baru sudah bermula. Diam tak diam, sudah tahun 3 rupanya saya dalam program separuh masa ini. Perjalanan masih agak jauh, tapi saya seronok melalui hari demi hari saya. Sentiasa belajar benda baru. Baiklah, entri kali ini adalah untuk saya sendiri dan juga untuk anda, juga untuk semua orang yang benar-benar ingin berjaya, merubah kehidupan mereka, menjadi lebih baik dari sedia ada. Mudah sahaja. Hari ini kita ambil sebagai satu hari untuk melihat kembali di mana kita selama ini. Sebagai kayu pengukur perjalanan anda. Keadaan anda pada ketika ini bagaimana. Mudah sahaja. Sekarang, bangun, dan carilah sebuah cermin, kalau boleh nampak hingga ke kaki, lagi bagus! Berdiri di hadapan cermin itu. Sekarang lihat ke dalam cermin. Lakukan ini, baru kembali sambung baca entri ini. Hehe ( saya rasa, pasti ramai yang akan tangguhkan dahulu bukan, mungkin mahu buat kemudian, tapi apa kata hari ini kita u

Kisah Uang 1000 dan 100.000

Uang kertas Rp.1000 dan Rp.100.000 sama-sama terbuat dari kertas, sama-sama di cetak serta diedarkan oleh Bank Indonesia. Secara kasat mata mereka memang tidak memiliki perbedaan yang mencolok. Secara bersamaan mereka dibuat, keluar dan beredar di tengah-tengah masyarakat melalui Bank Indonesia. Beberapa bulan kemudian, secara tidak sengaja mereka bertemu di salah satu dompet seorang anak muda. Kemudian, terjadilah percakapan diantara mereka, Rp.100.000 bertanya kepada Rp.1000. “Kenapa badan kamu begitu lusuh, kotor dan bau?!”. Lalu di jawab oleh uang Rp.1000, “Karena, setelah aku keluar dari Bank, aku langsung berada di tangan orang-orang bawahan. Dari tukang becak, tukang ojek, tukang parkir, penjual sayur, penjual ikan, bahkan sampai di tangan pengemis”. Lalu uang Rp.1000 bertanya kembali kepada Rp.100.000. “Kenapa kamu masih tampak kelihatan seperti masih baru, rapi dan bersih??”. Di jawab oleh uang Rp.100.000. “Karena begitu aku keluar dari bank, aku langsung di sambu

Subhanallah Inilah 10 Fakta tentang Ibu Melahirkan! Mari Muliakan Ibu Kita

Inilah 10 Fakta Tentang Persalinan dan Perjuangan Seorang Ibu Melahirkan anaknya. Semoga Bermanfaat. 1. Hanya 5% bayi yang lahir pada tanggal EDD (Estimated Due Date) mereka. Kebanyakannya lahir antara minggu ke-37 dan 42 kehamilan. 2. Ketika bersalin, rahim ibu akan mengembang 500 kali daripada ukuran normal untuk menampung kandungannya. 3. Darah yang hilang ketika melalui proses kelahiran normal adalah 500ml. 4. 80% wanita mengalami sindrom Baby Blues semasa 2 minggu pertama selepas persalinan disebabkan oleh perubahan hormon badan. 5. Hanya 1 dari 10 wanita mengalami pecah air ketuban sebelum proses bersalin dimulai. Kebanyakan wanita hanya akan mengalaminya apabila mereka telah benar-benar siap untuk melahirkan bayi. 6. Badan manusia hanya mampu menanggung kesakitan sampai 45 Del. Tetapi ketika bersalin ibu akan mengalami rasa sakit hingga 57 Del yang rasanya, menurut para ahli, sama dengan 20 tulang yang dipatahkan secara serentak. 7. Apabila seorang i